Selasa, 08 Juni 2010

Jawa Pos (Radar Bojonegoro)


Senin, 07 Juni 2010.

Tinggal Tunggu Penetapan
Hitungan PPK, Kolbu Kuasai 12 Kecamatan

BLORA - Rakyat Blora hamper dipastikan mempunyai bupati dan wakil bupati yang benar-benar baru untuk periode lima tahun ke depan. Berdasarkan hitungan manual yang dilakukan panitia pemilihan kecamatan (PPK) di 16 kecamatan yang berakhir kemarin (6/6), perolehan pasangan Djoko Nugroho-Abu Nafi (Kolbu) tak terbendung.

Dari penghitungan di 16 kecamatan, hanya empat kecamatan yang gagal dikuasai pasangan nomor urut tiga ini. Seperti diberitakan kemarin, perolehan suara Kolbu menang di Kecamatan Jepon, Sambong, Cepu, Jati, Banjarejo, Tunjungan, Ngawen, Todanan, dan Randublatung. Kemenangan itu bertambah di Kecamaran Blora, Japah, dan Kunduran.

Sedangkan pasangan Wali unggul di Kecamatan Kradenan. Sementara pasangan Yes menang di Kecamatan Bogorejo, Jiken, dan Kedungtuban. Dengan hitungan manual di tingkat PPK itu, bisa dibilang kemenangan pasangan Kolbu tinggal menunggu penetapan dari KPUK setempat.

Kemarin, empat PPK menyusul menyelesaikan penghitungannya. Keempatnya, PPK Blora, Jiken, Kunduran, dan Japah. PPK Blora semestinya menyelesaikan penghitungannya Sabtu lalu. Karena terlalu banyak desa dan TPS yang ada, penghitungan suara itu baru kemarin sore selesai.

Divisi Pemungutan Suara KPUK Blora Sudarwanto mengatakan, kemarin jadwal terakhir penghitungan suara di tingkat PPK. Setelah penghitungan di PPK selesai, semua data dikirim ke KPUK. Penghitungan suara di tingkat KPUK akan dilaksanakan 9 Juni lusa. Meski sudah tahu siapa pemanang pilkada berdasarkan hasil penghitungan di PPK, KPUK belum mau mengumumkan secara resmi. ''Karena jadwal kami baru pada 9 Juni besok,'' katanya.

Usai penghitungan di KPUK, lanjut dia, KPUK menggelar pleno penetapan pemenang dalam pilkada. Dalam pelaksanaan penghitungan di KPUK nanti, dia akan mengundang semua PPK juga panwaskab dan panwascam. Selain itu, tim pemenangan dan saksi dari masing-masing pasangan calon. Dia menyatakan, dimungkinkan penghitungan itu selesai dalam satu hari. ''Begitu selesia kita akan tetapkan pemenangnya,'' ujarnya.

Masyarakat, kata dia, sudah bisa mengetahui siapa pasangan calon yang menang jika rajin mengikuti penghitungan suara di PPK. (ono/yan)

Sumber : (ono/yan), "Hitungan PPK, Kolbu Kuasai 12 Kecamatan", Jawa Pos Radar Bojonegoro, Senin 7 Juni 2010, http://www2.jawapos.co.id/radar/index.php?act=showpage&rkat=7, (Selasa, 8 Juni 2010).

=======

Tidak ada komentar:

Posting Komentar