Minggu, 30 Mei 2010

Jawa Pos Radar Bojonegoro


Minggu, 30 Mei 2010.
Kolbu Jalan Sehat, Yes Libur
BLORA - Meski jadwal kampanye baru selesai hari ini, namun kemarin seakan menjadi waktu terakhir pelaksanaan kampanye bagi pasagan calon. Sebab, hari ini para calon konsentrasi untuk melakukan debat calon. Karena itu, pasangan Djoko Nugroho -Abu Nafi melakukan kegiatan terbuka. Kolbu menggelar jalan santai di Cepu.

Sebagian besar massa menggunakan atribut Kolbu,di antaranya kaos dan ikat kepala. Djoko Nugroho dan Abu NAfi yang diserta istrinya masing-masing menjadi pemimpin dalamjalan sehat itu. Keduanya berjalan paling depan dan diiringi oleh ribuan pendukungnya. Para pendukung ini bukan hanya datang dari Kecamatan Cepu, namun juga datang dari Kecamatan Sambong dan Kedungtuban. Banyaknya massa yang datang,kemarin membuat jalanan kota Cepu macet untuk beberapa saat. Namun hal itu sudah diantisipasi. Sebab, massa sengaja berangkat setelah siswa masuk sekolah atau karyawan masuk kantor untuk bekerja,sehingga meski memacetkan jalan raya tidak mengganggu kesibukan warga. ''Kami ingin sama-sama bisa beraktivitas, kegiatan kami sebisa mungkin tidak merugikan. Karena kami ingin semua warga sehat dan bergembira,'' ujar Abu Nafi.

Hal bertolak belakang dilakukan pasangan Yes. Kemarin, pasangan itu malah libur kampanye. Indarjo sekretaris tim pemenangan Yes mengatakan, kemarin pihaknya libur kampanye. kampanye akan dilakukan hari ini di rumah Sutrisno anggota DPRD dari Kecamatan Kunduran. ''Hari ini kami libur, besok (hari ini) pukul 13.00 kami kampanye di rumah Pak Tris,'' kata Indarjo. (ono)

Sumber : (ono), "Kolbu Jalan Sehat, Yes Libur", Jawa Pos Radar Bojonegoro, Minggu 30 Mei 2010, http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=161448, (Minggu, 30 Mei 2010)

=======

Minggu, 30 Mei 2010.
Hari Ini Tiga Pasangan Calon Adu Visi
BLORA - Pagi ini KPUK menjadwalkan debat calon bupati dan calon wakil bupati yang akan bertarung dalam pemilukada 3 Juni besok. Debat akan dilaksanakan di gedung DPRD Blora. Debat calon itu merupakan putaran terakhir pelaksanaan kampanye yang juga berakhir hari ini. ''Debat ini sekaligus kampanye bersama para calon,'' kata Divisi Kampanye Sudarwanto kepada Radar Bojonegoro kemarin.

Dia mengatakan, jika masih memungkinkan, para calon juga boleh melakukan kampanye lagi setelah melaksanakan debat. Hanya, debat pagi ini,kata Darwanto hanya diikuti oleh tiga pasangan calon dengan pendukung masing-masing pasangan 50 orang. Pembatasan pendukung yang bisa masuk arena debat itu untuk menjaga agar pelaksanaan debat lancar dan tertib. ''Termasuk tidak diperkenankannya pendukung terlibat dalam dialog tersebut,'' tambahnya.

Karena itu, arena debat nanti akan dijaga ketat aparat. Hal itu untuk menjaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Yang bisa masuk ke arena adalah pengunjung yang diberi tanda khusus atau kartu pengenal dari panitia. Sehingga semua bisa berjalan tertib. Debat yang menggunakan moderator itu akan mendatangkan Rektor IAIN Walisongo Semarang. ''Kami berusaha menjaga agar debat ini berjalan sesuai harapan, yakni mengedepankan konsep dari masing-masing calon,'' katanya.

Anggota KPUK dari Tunjungan itu mengatakan ada tujuh tema pokok dalam debat itu, yakni kebijakan public, politik, hukum dan pemerintahan. Kemudian, ekonomi yang meliputi koperasi, UMKM dan perdagangan. Serta Kehutanan dan pertanian, pendidikan, kesejahteraan rakyat dan social. Selain itu juga sumber daya alam, pertambangan da energy, kesehatan dan lingkungan hidup, pemuda dan olahraga serta yang terakhir agama dan kesetaraan gender. ''Kami ingin mendengar bagaimana konsep para calon dengan tema ini,'' tandasnya.

Sementara, Ketua Panwaskab Wahono mengingatkan agar KPUK nanti cermat mengelola dialog.Panwaksab tidak ingin ajang debat itu menjadi ajang saling menyerang dan menghujat antarpasangan. ''Karena itu KPUK harus tegas, kalau sudah mengarah ke sana harus di cut,'' pintanya.

Soal ini Sudarwanto menyatakan sudah mengantisipasi. Moderator kata dia, sudah diberi masukan dan sudha tahu apa yang harus dilakukan ketika situasi sudah tidak sehat. ''Kami yakin moderator sudah tahu itu. Kami juga sudah memberi batasan-batasannya,'' tegasnya. (ono/nas)

Sumber : (ono/nas), "Hari Ini Tiga Pasangan Calon Adu Visi", Jawa Pos Radar Bojonegoro, Minggu 30 Mei 2010, http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=161447, (Minggu, 30 Mei 2010).

=======

Tidak ada komentar:

Posting Komentar