Senin, 17 Mei 2010

Jawa Pos (Radar Bojonegoro)


Minggu, 16 Mei 2010.
Cetak Surat Suara Butuh Tujuh Hari
BLORA - Surat suara untuk pilkada Blora 3 Juni mendatang sudah mulai dicetak Jumat sore lalu. Pencetakan surat suara itu membutuhkan waktu tujuh hari. Diperkirakan pada tanggal 20 atau 21 Mei nanti surat surat itu baru sampai di Blora. ''Setelah diperbaiki semua selesai sehingga siap cetakm''nujar Arifin Divisi Logistik KPUK Blora.

Pencetakan surat suara dilakukan di sebuah percetakan di Kota Semarang. Setiap hari KPUK, Panwaskab dan aparat keamanan menjaga dan memantau proses cetak itu. H Setiap hari ada petugas dari KPUK dan Panwaslu yang mengawasi. ''Kami ingin memastikan tidak ada persoalan dalam cetak surat suara itu,'' tambahnya.

Pencetakan surat suara, kata dia, disesuaikan dengan jumlah calon yang ada. Karena hanya tiga pasangan calon, surat suara itu dibuat seukuran surat suara yang digunakan dalam pilpres. Surat suara itu berukuran 27 sentimeter x 23 sentimeter. Selain berisi gambar dan nomor urut pasangan, surat suara itu berisi identitas KPPS dan TPS yang melaksanakan coblosan. ''Tata letaknya juga sama seperti surat suara pilpres,'' terangnya.

Jumlah surat yang dicetak, lanjut anggota KPUK asal Kradenan ini berpatokan pada jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang telah ditetapkan. Jumlah DPT yang ditetapkan sebanyak 688.244 jiwa. Jumlah pemilih itu dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 337.607 dan pemilih perempuan sebanyak 350.637. ''Jumlah surat suara adalah jumlah DPT ditambah 2,5 persen,'' tandasya. (ono/nas)

Sumber : (ono/nas), "Cetak Surat Suara Butuh Tujuh Hari", Jawa Pos (Radar Bojonegoro), Minggu 16 Mei 2010, http://www2.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=158701, (Senin, 17 Mei 2010).

=======

Tidak ada komentar:

Posting Komentar