Rabu, 14 Juli 2010

Jawa Pos (Radar Bojonegoro) : Perubh APBD Blora 2010 dijadwalkan Agustus

Rabu, 14 Juli 2010.
Perubahan APBD Dijadwalkan Agustus
Dana Pilkada sisa

BLORA - Perubahan APBD 2010 untuk tahun dipastikan bakal dilakukan, waktunya sekitar Agustus. Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Abdullah Aminuddin. Menurut dia perubahan APBD itu perlu dilakukan karena banyak kegiatan yang memang harus ditambagi pendanaannya. Saat ini DPRD masih mendata kegiatan apa saja yang harus ditambahi dananya. ''Misalnya di bidang kesehatan dan pendidikan itu penting,'' katanya.

Selain itu, juga untuk menyesuaikan perubahan pendapatan dan pengeluaran yang dimungkinkan ada. Dia melihat untuk bidang kesehatan misalnya, untuk jaminan kesehatan daerah (jamkesda) juga perlu ditambahi. Selain itu, juga dana untuk pembelian di rumah sakit serta pengadaan alat pembakar sampah medis milik rumah sakit DR R. Soetijono yang beberapa waktu terbakar. ''Saat kami sidak ke rumah sakit, sempat dikeluhi dana untuk obat yang minim. Jika nanti ada dana yang bisa digunakan, itu akan diprioritaskan,'' tambahnya.

Sementara anggota Badan Anggaran (banggar) Seno Margo Utomo menginformasikan ada kelebihan anggaran dari alokasi dana penyelenggaraan pemilukada. Salah satunya adalah kelebihan dana dari KPUK. Semula dana untuk KPUK dianggarkan Rp 14 miliar, dengan asumsi pemilukada digelar dua putaran. Karena, kenyataannya pemilukada hanya satu putaran, berarti dana untuk penyelenggaraan putaran kedua tidak digunakan. ''Menurut informasi yang kami terima ada sekitar Rp 5 miliar yang tersisa,'' katanya.

Selain itu, dia juga berharap kegiatan lain yang terkait pemilukada juga lebih. Misalnya di Panwaskab. Lembaga pengawas ini sebelumnya didanai Rp 1,8 miliar dan dana cadangan Rp 1 miliar. Dengan asumsi dana yan digunakan selama mengawasi proses tahapan dan pelaksanaan pemilukada habis Rp 1,8 sesuai yang diberikan, berarti masih ada sisa Rp 1 miliar. ''Jika ada kelebihan itu,kita akan prioritaskan kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat, misalnya untuk jamkesda. Itu prioritas dalam perubahan APBD nanti,'' ujar anggota dewan dari PKS ini.

Terpisah, Sekretaris KPUK Blora Sugiyono membenarkan kalau anggaran di KPUK tersisa. Semula memang KPUK diberi dana untuk menggelar pelaksanaan pemilukada dua putaran. Sedangkan pelaksanaanya satu putaran saja, sehingga otomatis dana untuk putaran kedua masih belum digunakan. ''Kami belum menghitung jumlahnya, namun pada kisaran Rp 4 miliaranlah,'' katanya. (ono)

Sumber : (ono), "Perubahan APBD Dijadwalkan Agustu", Jawa Pos (Radar Bojonegoro), Rabu 14 Juli 2010, http://www2.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=169743, (Rabu, 14 Juli 2010).

=======