Rabu, 14 Juli 2010

Suara Merdeka Cyber News : Usulan pemberhentian dan pengangkatan Bupati Blora sampai di meja Mendagri


13 Juli 2010 | 14:48 wib | Pilkada

Usulan Pemberhentian dan Pengangkatan Bupati Blora Sampai di Meja Mendagri

Blora, CyberNews. Usulan pemberhentian dan pengangkatan kepala daerah Blora telah disampaikan gubernur Jateng kepada menteri dalam negeri (mendagri).

Hal tersebut dikemukakan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris DPRD Blora, Didik Lukardono, usai rapat persiapan pelantikan pasangan calon bupati dan calon wakil bupati terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), di ruang pertemuan pemkab, Selasa (13/7).

‘’Informasi terakhir yang kami terima, gubernur telah meneruskan usulan pemberhentian dan pengangkatan kepala daerah Blora kepada mendagri. Jika tidak ada kendala apapun, pengesahan dari mendagri sudah akan keluar tujuh atau sepuluh hari mendatang,’’ ujar Didik.

Sebelumnya DPRD Blora, Kamis (24/6), telah menyampaikan usulan pemberhentian dan pengangkatan kepala daerah kepada mendagri melalui gubernur Jateng untuk mendapatkan pengesahan.

Usulan tersebut sesuai dengan pasal 66 ayat 3 Undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Bupati RM Yudhi Sancoyo diusulkan pemberhentiannya karena akan habis masa jabatannya, 11 Agustus 2010.

Sementara usulan pengangkatan pasangan calon bupati dan wakil bupati, Djoko Nugroho-Abu Nafi (Kolbu) disampaikan setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Blora menetapkan keduanya sebagai pasangan calon terpilih dalam Pilkada.

Pasangan Djoko Nugroho-Abu Nafi ditetapkan sebagai pasangan terpilih setelah mendapatkan suara terbanyak dalam Pilkada, Kamis (3/6). Pasangan calon yang diusung PD, PKB, PPP, Hanura, PPIB dan PDP itu memperoleh sebanyak 243.715 suara.

Sementara pasangan incumbent RM Yudhi Sancoyo-Hestu Bagiyo Sunjoyo (Yes) yang diusung partai Golkar mendapat 197.277 suara. Pasangan HM Warsit-Lusiana Marianingsih (Wali) yang diusung PDIP mengumpulkan 39.445 suara.

Hanya Didik Lukardono belum bisa memastikan apakah pelantikan pasangan calon bupati dan calon wakil bupati terpilih akan dilaksanakan 11 Agustus. ‘’Yang pasti pelantikannya digelar dalam rapat paripurna DPRD. Tentang waktunya kapan, menunggu konfirmasi terakhir dari gubernur setelah keluar pengesahan dari mendagri,’’ tandasnya.

( Abdul Muis /CN26 )

Sumber : (Abdul Muis/CN26), "Usulan Pemberhentian dan Pengangkatan Bupati Blora Sampai di Meja Mendagri", Suara Merdeka Cyber News, Selasa 13 Juli 2010, http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2010/07/13/59545/Usulan-Pemberhentian-dan-Pengangkatan-Bupati-Blora-Sampai-di-Meja-Mendagri, (Rabu, 14 Juli 2010).


=======