Kamis, 08 Juli 2010

News.okezone.com : Minyak Pertamina tumpah - Ledok

Nusantara

Minyak Pertamina Tumpah Jadi Rebutan Warga

Kamis, 8 Juli 2010 - 10:14 wib
ist

BLORA - Puluhan ribu liter minyak mentah yang tumpah di Sungai Ledok, Blora, Jawa Tengah, menjadi rebutan warga untuk keperluan masak sehari-hari.

Minyak milik Pertamina Distrik II Ledok yang bercampur gas itu menjadi rebutan warga sekitar. Meski telah dilarang, namun warga nekat mengambil untuk keperluan memasak sehari-hari.

Hingga Kamis (8/7/2010) pagi, area masih tertutup untuk umum mengingat kandungan minyak dan gas yang terbawa air sungai, sesekali masih terbakar.

Pantauan di lapangan, tampak kepulan asap hitam masih membumbung tinggi di berbagai titik aliran Sungai Ledok, tepatnya di Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Bahkan sungai yang dilalui minyak bercampur gas, masih sesekali mengeluarkan api hingga belasan meter dan berbau menyengat.

Bambang, salah satu warga, mengaku mengambil lantung (sebutan minyak mentah di Blora) untuk keperluan memasak dan lainnya.

Selain masih mengisolir tiga desa di antaranya Desa Ledok, Gagahan, dan Pojok Watu, aliran minyak bercampur gas juga mencemari dua anak sungai di antaranya, Sungai Jalen dan Sungai Asin.

Petugas masih berusaha melokalisir tumpahan minyak dan api yang masih membumbung hingga belasan meter dengan cara menghambat serta menyedot minyak dengan mendatangkan 15 truk penyedot.

Sejak kemarin Pertamina EP Cepu, masih belum bisa dikonfirmasi tentang penyebab terjadinya kebocoran minyak tersebut. Rencananya, hari ini tim dari badan lingkungan hidup akan mengkaji dampak serta kerugian yang dialami warga.

(Ranin Agung/RCTI/teb)

--

Sumber : (Ranin Agung/RCTI/teb), "Minyak Pertamina Tumpah Jadi Rebutan Warga", news.okezone.com, Kamis 8 Juli 2010, http://news.okezone.com/read/2010/07/08/340/350730/minyak-pertamina-tumpah-jadi-rebutan-warga, (Kamis, 8 Juli 2010).

=======