Kamis, 01 Oktober 2009

Wawasan : JUMLAH TPS BERTAMBAH SAAT PILKADA



Thursday, 01 October 2009

Jumlah TPS bertambah saat pilkada

BLORA - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Blora memastikan pemilihan bupati dan wakil bupati (pilkada) akan dilaksanakan sekitar bulan Juni 2010 mendatang. Untuk itu, enam bulan sebelum pelaksanaan semua alat penyelenggara pilkada harus sudah terbentuk.

Ketua KPUK Blora Moesafa mengatakan, dalam waktu dekat ini KPUK akan melakukan rekruitmen untuk Panitia Pengawas Pilkada, serta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

”Sebelum PPK dan PPS terbentuk, maka Panwas akan dibentuk dulu. Paling lambat Desember PPK dan PPS sudah ada,” ujar Moesafa, Rabu (30/9) Menurutnya KPUK telah merampungkan draf tahapan pilkada dan juga telah diajukan kepada KPU Jateng dan KPU Pusat dan tinggal menunggu persetujuan saja. Sementara pilkada dilaksanakan pada bulan Juni hal itu untuk mengantisipasi adanya putaran kedua.

Berbeda dengan saat pilihan legislatif (pileg) dan pilihan presiden (pilpres). KPUK akan menambah jumlah tempat pemungutan suara (TPS). Dalam pilkada nanti akan disiapkan 1.800 TPS, termasuk TPS khusus. Jumlah ini ada penambahan 127 TPS baru dari jumlah 1.673 TPS saat pilpres 9 Juli lalu.

”Saat pilpres satu TPS maksimal 600 pemilih, kami rencanakan dalam pilkada antara 450-500 pemilih sehingga ada penambahan jumlah TPS,” ujarnya. K.9-ip

------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar