Selasa, 15 September 2009

Wawasan - PASAR MURAH BLORA DISERBU WARGA

Monday, 14 September 2009

Pasar murah Pemkab Blora diserbu warga
’Senang Mas, bisa untuk Lebaran’

BLORA - Kegiatan pasar murah yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora, melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) pada Minggu (13/9) diserbu masyarakat. Agar tidak kepanasan, panitia sengaja mengelar di dalam ruangan gedung Sasana Bhakti Blora.

Bupati Blora RM Yudhi Sancoyo membuka pasar murah tersebut dengan harapan bisa meringankan masyarakat, di saat harga sembako menjelang Lebaran terus merangkak naik. Selain Bupati, Ketua DPRD Baru HM Kusnanto, Sekretaris Daerah (Sekda) Bambang Sulistya serta sejumlah pejabat juga hadir dalam pasar murah tersebut.

Kepala Disperindagkop UKM Blora, Prayitno mengatakan, pasar murah dilaksanakan agar bisa membantu masyarakat dengan harga sembako lebih murah dibandingkan harga di pasaran.

"Ada 3.150 paket sembako yang kami siapkan, serta 300 vocer gratis belanja senilai Rp 10 ribu dan gula pasir seharga Rp 7 ribu per kilonya," ungkap Prayitno.

Menurut dia, untuk menyediakan semua barang, dana yang dialokasikan Rp 40 juta serta mendapat bantuan dari Kementerian Koperasi dan UKM, juga bantuan gula pasir 10 ton dari Disperindagkop Provinsi Jawa Tengah.

Untuk bisa mendapatkan paket tersebut, masyarakat harus memiliki kupon yang sebelumnya telah dibagikan oleh kelurahan masing-masing. Satu paket sembako berisi antara lain beras, gula, sirup dan lainnya seharga Rp 25 ribu dari harga resminya Rp 40 ribu.

Begitu juga dengan gula pasir yang dijual Rp 7 ribu per kilogram, padahal di pasaran harganya mencapai Rp 9 ribu hingga 10 ribu. Selain dijual di pasar murah, gula pasir itu juga telah didistribusikan langsung pada tiap kecamatan.

Senang
Karena menggunakan kupon, banyak masyarakat yang tidak memperoleh kupon kecele dan mengeluh, seperti diungkapkan Rusyati (38) warga Kelurahan Tempelan.

Dia mengira seperti
tahun lalu yang bisa membeli tanpa kupon. "Saya tidak jadi membeli mas, soalnya yang masuk ke dalam harus pakai kupon," ungkapnya.

Sementara masyarakat yang memperoleh kupon mengaku senang, bisa membeli sembako di pasar murah. "Ya senang mas, harganya murah, untuk persiapan Lebaran nanti," kata Wartini puas. Wahono-Tj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar