Senin, 10 Agustus 2009

Wawasan - BIDIK ADIPURA TAHUN 2010



Monday, 10 August 2009

Tak dapat Adipura, bidik tahun depan


BLORA - Setelah gagal mendapatkan piala Adipura untuk kategori kota kecil tebersih, Pemkab Blora mulai serius mempersiapkan diri menyongsong Adipura 2010 agar bisa merebut piala tersebut. Salah satunya dengan membentuk pasukan kebersihan yang sebelumnya bernama pasukan kuning, menjadi laskar kebersihan.

"Laskar Kebersihan diharapkan mampu menjaga kebersihan di kota Blora, selama keberadaan mereka mampu membuat kota Blora menjadi bersih, dengan semangat baru Blora menjadi lebih bersih, " harap Bupati Blora RM Yudhi Sancoyo, saat meresmikan laskar kebersihan di komplek Taman Wisata Tirtonadi Blora, kemarin.

Laskar Kebersihan selama ini memang telah bertugas sebagai petugas kebersihan, yang berada di bawah koordinasi Dinas Pertanahan, Permukiman dan Tata Ruang (DPPTR) Blora. Dengan kekuatan personel sekitar 120 orang baik yang bertugas di kota Blora maupun kota Cepu.

Selain menyiapkan laskar kebersihan, DPPTR juga membuat program pembuatan pupuk biopori di pekarangan rumah warga.

Karena pembuatan biopori sangat mudah dan murah. Kepala DPPTR Blora, Affandi mengatakan bahwa biopori merupakan cara untuk menampung sampah dan air dengan cara membuat lubang di dalam tanah sedalam satu meter dengan lebar sekitra 30 hingga 50 sentimeter.

Cara kerjanya dengan memasukkan sampah dan air ke dalam lubang itu, Sementara jarak antar lubang satu dengan yang lainnya satu meter. Program tersebut telah dikembangkan di kota-kota besar, seperti DKI Jakarta.

Ini adalah cara menimbun sampah sendiri sekaligus membuat pupuk organik.

"Cara membuatnya cukup mudah, nanti akan kami kembangkan di rumah-rumah warga," ungkapnya. K.9-Tj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar