Jumat, 03 Juli 2009

Harian Sore - SOSIALISASI PILPRES



03 Juli 2009

Dibawa keliling pasar
Kambing pun untuk sosialisasi pilpres

BLORA - Tak ingin kalah dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) lain yang melakukan sosialiasasi pilpres (pemilihan presiden) dengan cara unik, KPU Kabupaten Blora juga memiliki cara sendiri agar warga masyarakat berbondongbondong menggunakan hak pilihnya Rabu, 8 Juli mendatang.

Sebuah kereta mini yang ditarik seekor kambing, dengan kusir seorang anak kecil, diarak dari kantor KPU Kabupaten Blora menuju sejumlah pasar.

Dalam perjalanan, Anggota KPU Divisi Sosialiasasi, Siti Rochayatin dan staf menyerukan kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

Sementara beberapa gadis cantik sibuk membagikan pamflet kepada masyarakat yang ada di sepanjang jalan yang dilewati.

Pemandangan itu cukup menarik perhatian warga dan pedagang yang ada di pasar. "Ayo jangan lupa gunakan hak pilih pada 8 juli nanti," kata Siti Rochayatin.

Ketua KPU Kabupaten Blora, Moesafa mengatakan, sosialisasi dengan cara jalan kaki di pasar dalam rangka menekan angka golput serta mengingatkan kembali bahwa pada 8 juli akan dilaksanakan pilpres. Warga yang mulanya cuma tertarik untuk melihat kambing yang menarik kereta mini, kemudian menjadi tertarik untuk mendengarkan pesan-pesan yang disampaikan oleh anggota KPU tentang piplres.

Sengaja dipilih pasar, karena banyak masyarakat yang melakukan aktivitas sehingga mereka akan tahu. "Kami hanya ingin agar pilpres nanti dapat berjalan sukses, sehingga angka golput menjadi lebih menurun," katanya.

Linmas siap
Sementara itu, sebanyak 8.494 anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas/Hansip) diserahkan oleh Bupati Grobogan Bambang Pudjiono SH kepada Polres Grobogan. Linmas ini untuk membantu pengamanan pemungutan suara Pilpres 2009, Rabu 8 Juli mendatang. Kemudian anggota Linmas dalam melaksanakan tugasnya di bawah kendali operasi (BKO) polres.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbang dan Linmas) Kabupaten Grobogan, Drs Yudhi Sudarmunanto mengatakan, anggota Linmas akan ditugaskan di setiap tempat pemungutan suara (TPS) yang jumlahnya 2.402 TPS di 280 desa/kelurahan, kantor desa, dan kantor kecamatan (PPK).

"Mereka ikut mengamankan jalannya proses rekapitulasi suara hasil Pilpres 2009 di tingkat PPK dan KPUD. Di masingmasing desa ada 10 anggota, PPK dijaga 10 anggota, dan di kabupaten 100 anggota," jelas Yudhi Sudarmunanto, kemarin. K.9/Nto-Tj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar