Selasa, 23 Juni 2009

Lintas Muria - AWAS AIDS



23 Juni 2009

Lagi, Tiga Warga Idap HIV

BLORA - Jumlah penderita HIV/AIDS di Blora terus meningkat. Tahun 2009 terdeteksi ada tiga penderita, satu orang di antaranya meninggal dunia.


Kabid Pencegahan Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Blora, Lilik Hernanto SKM MKes menjelaskan, untuk korban meninggal karena pasien sudah tidak ada motivasi untuk berobat.


Melalui konseling, sebenarnya pasien itu sudah sempat mau berobat. Hanya saja, tiba-tiba tidak mau untuk minum obat.


Dengan demikian, lanjutnya, hingga saat ini di Blora tercatat ada 32 orang yang terdeteksi terkena HIV/AIDS. Untuk AIDS ada 11 orang, semuanya sudah meninggal dunia.(ud-79)


Ujian Paket Diperkirakan Ditunda Agustus

BLORA - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Paket C (SMA/sederajat) yang rencananya dimulai hari ini, dipastikan ditunda. Dinas Pendidikan Nasional (Disdik) Blora mendapat surat pemberitahuan penundaan ujian tersebut dari Disdik Provinsi Jateng, Minggu (21/6).


Berdasarkan surat dari Disdik Jateng nomor 423.7/19027 disebutkan, bahwa penundaan ujian karena alasan teknis administrasi pengadaan naskah soal dengan menggunakan mekanisme penunjukan langsung (surat Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 771/BSNP/VI/2009 tanggal 1 Juni 2009) akan menimbulkan kerawanan administrasi dan hukum.


Masih berdasarkan surat dari Disdik Jateng, UN Paket C yang sedianya dilaksanakan pada 23-26 Juni ditunda pelaksanaanya sekitar bulan Agustus 2009, sampai ada pemberitahuan lebih lanjut. Penundaan ujian juga terjadi pada UN Paket A (SD/sederajat) dan Paket B (SMP/sederajat). UN Paket A dan B sedianya digelar 1-2 Juli, namun kemudian ditunda pelaksananaanya pada bulan Agustus.


Menyikapi surat itu, Disdik Blora langsung mengumumkan penundaan ujian tersebut ke semua sekolah, pusat kegiatan belajar mengajar (PKBM), dinas dan instansi terkait serta sejumlah radio. ‘’Kami hanya melaksanakan pemberitahuan dari Disdik Jateng,’’ ujar Kepala Disdik Blora, Ratnani Widowati melalui Kasi Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Priyadi, kemarin.


Dia memastikan, akan segera menyampaikan pengumuman lebih lanjut jika Disdik Jateng telah menyampaikan jadwal pasti pelaksanaan semua ujian kejar paket. ‘’Kepastian pelaksanaan UN Paket A, B, C akan kami beritahukan kemudian,’’ tandasnya.


Tidak Berpengaruh Priyadi mengemukakan, penundaan UN Paket C tidak berpengaruh pada waktu pendaftaran peserta ujian. Menurutnya, pendaftaran telah ditutup beberapa waktu lalu. Namun untuk pendaftaran UN Paket A dan B, diperpanjang hingga hari ini, Selasa (23/6). Sebelumnya, pendaftaran UN Paket A dan B ditutup Minggu (21/6). ‘’Ketentuan itu sudah sesuai dengan petunjuk teknis (juknis),’’ katanya.


Sesuai aturan yang berlaku, peserta UN Paket C adalah siswa reguler kejar paket C dan siswa yang dinyatakan tidak lulus sekolah formal SMA tahun ini. Demikian juga dengan UN Paket A dan B. Jika siswa yang mengikuti ujian tersebut dinyatakan lulus, maka siswa yang bersangkutan akan mendapatkan ijazah yang bisa digunakan melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi.


Untuk jurusan IPS, mata pelajaran yang diujikan dalam UN Paket C adalah Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Inggris, Sosiologi, Geografi, Bahasa Indonesia, Ekonomi dan Matematika.


Sedangkan siswa jurusan IPA mata pelajaran yang diujikan adalah Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Inggris, Biologi, Kimia, Bahasa Indonesia, Fisika dan Matematika. Sementara untuk UN Paket B, mata pelajaran yang diujikan adalah Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam.(H18-79)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar