Kamis, 04 Juni 2009

Lintas MURIA - SEPUTAR KELULUSAN SISWA


04 Juni 2009
Hasil UN SMA 13 Juni, SMP 19 Juni

BLORA - Jika tidak ada perubahan, ribuan siswa SMA di Blora sudah bisa mengetahui kelulusan sekolah pada Sabtu (13/6). Pada hari itu, menurut rencana akan diumumkan hasil ujian nasional (UN) sekaligus lulus tidaknya siswa di sekolah. Sementara itu untuk siswa SMP, pengumuman kelulusan UN dijadwalkan Jumat (19/6).


Kepala Dinas Pendidikan Blora Ratnani Widowati melalui Kepala Bidang Pendidikan Menengah Haryadi menyebutkan, jadwal pengumuman UN itu telah ditentukan oleh pemerintah.


Hanya, menurutnya, hingga kini pihaknya belum mendapat kepastian apakah pengumuman itu sesuai jadwal atau tidak. ”Tapi kemungkinan besar, 13 dan 19 Juni itu,íí tandasnya, kemarin. 
Dia mengungkapkan, biasanya dua hari sebelum pengumuman, pihaknya bersama kabupaten dan kota lainnya di Jateng diundang Dinas Pendidikan Provinsi untuk menerima daftar nilai UN.


Hasil UN tersebut selanjutnya disampaikan kepada semua kepala sekolah pada keesokannya harinya. ”Barulah setelah itu pihak sekolah yang mengumumkan hasil UN dan kelulusan siswa di sekolah masing-masing,” ucap Haryadi.
Mantan Kepala SMAN 2 Blora itu mengemukakan, pihaknya akan meminta kepala sekolah mengumumkan kelulusan serentak pada pukul 10.00. ”Orang tua siswa diundang ke sekolah untuk menerima hasil pengumuman tersebut,” ucapnya.


Optimistis


Meski mengaku belum mengetahui berapa banyak siswa yang akan lulus sekolah, Haryadi menyatakan optimistis target kelulusan UN SMA dan SMP sebesar 92% akan tercapai. 
Bahkan, jika dasar penghitungan kelulusan siswa dengan menggunakan jumlah siswa yang mengikuti UN, Haryadi menyakini target tersebut bakal terlampaui.


”Siswa yang mengikuti UN telah menyiapkan diri dengan baik. Terbukti, tidak ada siswa SMA yang tidak mengikuti UN,” tandas dia. 
Menurutnya, saat pelaksanaan UN SMA beberapa waktu lalu, lima siswa izin tidak mengikuti karena sakit. Namun, mereka akhirnya mengikuti UN susulan.


Haryadi menyebutkan, 38 siswa SMK yang sebelumnya terdaftar mengikuti UN ternyata tidak hadir saat ujian. Dia menyebutkan, para siswa itu telah diterima bekerja di sejumlah perusahaan di Indonesia. 
Berdasarkan data yang dihimpun siswa di Blora, yang akan mengikuti UN tahun ini adalah 7.215 orang. Mereka adalah SMA (3.260 siswa), MA (610), dan SMK (3.345).


Adapun siswa SMP yang terdaftar menjadi peserta UN 2009 sebanyak 12.677 dengan perincian 10.129 siswa SMP dan 2.538 siswa MTs. Dari jumlah tersebut, 48 siswa tidak ikut UN karena telah keluar dari sekolah. (H18-69)

Hingga 2010, Kuota Haji Blora Habis

BLORA - Warga Blora yang ingin pergi berhaji tampaknya harus bersabar hingga 2011 mendatang. Pasalnya untuk 2009 ini dan 2010, kuota haji untuk Blora sudah habis. 
”Sampai 2010 kuota haji sudah habis,” tandas Kasi Haji dan Umrah Depag Blora Drs H Dwiyanto, kemarin.
Dia menyebutkan, untuk 2009 jumlah calon haji tercatat 704 orang. Mereka sudah menyetor setoran awal biaya perjalanan haji (BPH) Rp 20 juta.


Sementara itu untuk 2010, kuota juga sudah habis dengan jumlah peserta 706 orang. ”Perkembangan minat warga Blora untuk berhaji tampaknya luar biasa, terbukti dua tahun ini sudah penuh,” ungkap Dwiyanto.


Tidak hanya itu, untuk kuota 2011, jumlah pendaftar saat ini sudah 600 lebih. Melihat kuota pada tingkat Jawa Tengah saat ini tinggal 200, besar kemungkinan warga Blora yang mendaftar haji pekan depan baru bisa berangkat pada 2012.


Perhitungannya, pada tingkat Provinsi tinggal 200 kursi, jika dibagi 35 kabupaten/kota sehingga dirata-rata untuk tahun 2011, jumlah sisa kursi di tiap kabupaten/kota tinggal enam kurang.
Padahal, untuk sisa kursi di Jawa Tengah tersebut pembagiannya tidak serta-merta dibagi rata untuk jumlah kabupaten/kota. (ud-69)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar